Perbedaan a, an, dan the dalam Bahasa Inggris

Wednesday, July 15, 2015

hy guys... maaf nih aku baru ngepost lg, akhir2 ini aku masih pusing mikirin un. tpi alhamdulilah hasilnya dah keluar. kali ini aku bakal kasih ilmu tntg perbedaan a, an, the atau yang biasa disebut article. gk tau kenapa semenjak un aku jadi kepingin bgt belajar bahasa inggris dan skrg aku udah tau betapa pentingnya bljr bahasa inggris. lgsg aja ya, ini dya...

 Article in English
Sering banget kita ngeremehin penggunaan artikel, mungkin menurut kita artikel itu ngebingungin. Apalagi banyak yang bilang kalo penggunaan artikel dalam bahasa inggris itu nggak penting, intinya artikel berfungsi untuk menunjukkan seberapa khusus atau umumnya sebuah kata benda(noun). Ada tiga jenis artikel, yaitu: a/an, the , dan satu lagi adalah zero article. Untuk paham penggunaan artikel nggak gampang ya guys, perlu belajar berangsur-angsur dan membacanya berulang-ulang, 
Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam article:

I. Artikel A dan AN
Di bahasa Inggris, artikel A dan AN disebut dengan Indefinete Article. Sebagai article, ‘ a ‘ dan ‘ an ‘ bisa berarti sesuatu/seekor/sebuah/seorang dst. Arti dari artikel tersebut tergantung pada kata benda sesudahnya.

an apple   = sebuah apel
a lady      = seorang wanita
a dog      = seekor anjing
a leaf      = sehelai daun, dst.
an hour   = satu jam

Penggunaan A dan AN
Harus diingat bahwa artikel a dan an hanya bisa diikuti oleh singular nouns (benda tunggal), dan gak boleh dibarengin dengan uncountable noun (benda yang gak dapat diitung).
Contoh:
I am looking for a oil.
He has a ink.
My mother need a sugar.

Kita tahu kalau oil, ink, sugar adalah uncountable noun,maka 3 kalimat di atas salah jika kita meletakan artikel sebelum kata benda tersebut. Kalimat yang benar adalah:

I am looking for  oil.
He has  ink.
My mother need  sugar.

Indefinite berarti sesuatu yang tidak tentu/ pasti, dengan kata lain masih umum dan belum spesifik/khusus.
Contoh:

I have a book at home. (saya mempunyai sebuah buku di rumah)

jika kamu mengatakan “a book” berarti temanmu gak tau kan buku apa yg kamu punya, karena pastinya banyak jenis buku di dunia ini. Berarti kata yang dimaksud adalah masih bersifat umum, belum spesifik buku apa yang kamu maksud.


2. Perbedaan pemakain A dan AN
A dan AN

ANAN  dipakai di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf/bunyi vocal (a,i,u,e,o)

AA dipakai di depan kata benda tunggal yang dimulai dengan huruf atau bunyi konsonan.
Hati-hati juga sama kata benda tunggal yang dimulai dengan huruh “H” dan  “U” . *kadang-kadang menjebak

Penjelasan

A dipakai di depan kata yang dimulai dan berbunyi huruf konsonan, seperti b, c, d, g, p,dst.
Contoh:  a pencil, a bus, a lamp.

An digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf/bunyi vokal seperti a, e, i, o, atau u. 
Contoh: an iguana, an apple, an eel,  an umbrella.

An juga bisa digunakan di depan kata-kata yang dimulai dengan huruf “h” tetapi huruf “h” tersebut berbunyi “a” misalnya : kata “hour, honest dll” jadi kita tidak boleh membuat “a hour” tetapi “an hour” yang artinya “sejam”, “an honest man” bukan  “a honest man” yang artinya “seorang laki-laki yang jujur”.

Selain “h”, “u” juga perlu diperhatikan, walau huruf pertama dari kata tersebut “u” tatapi tidak selalu menggunakan artikel “an”. Jika “u” pada kata tersbut tidak berbunyi vocal melainkan konsonan maka artikelnya adalah “a”.

Contoh: “a university” bukan  “an university”

Karena “u” pada kata tersebut berbunyi “Ju:” berbeda dengan “umbrella” yang berbunyi “^m’brelə” oleh karena itu kita harus menggunakan “an” yaitu mennjadi “an umbrella”.

II. Artikel THE

Artikel THE dalam bahasa Inggris disebut juga DEFINITE Article. Definite berarti pasti/tentu/jelas. Artikel ini digunakan untuk sesuatu yang khusus atau spesifik.

Contoh: open the door!
            Cut the cake!
            I love the girl.

Pada contoh kalimat di atas, artikel THE menunjukan bahwa benda itu spesifik, baik pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui benda yang di maksud. Jika mengatakan “close the door!” berarti pembicara dan lawan bicara sudah mengetahui pintu yang mana yang harus ditutup. “cut the cake!” berarti sudah mengetahui kue mana yang harus dipotong.

Catatan: Artikel THE juga bisa diletakan  sebelum kata benda jamak (Plural nouns), misalnya: The students, the books, the cars.

III. Zero Article

Zero article umum digunakan apabila sesuatu tidak bisa dibedakan apakah termasuk definit (pasti) atau indefinit (tidak tentu), dengan kata lain zero artikel adalah peniadaan artikel sebelum kata benda tersebut.
Zero article digunakan di depan kata benda jamak yang dapat dihitung. Misalnya:

    I like monkeys. I like a monkeys.
    Stars are beautiful. A stars are beautiful.

Zero article digunakan di depan kata benda tunggal yang tidak dapat dihitung. Misalnya:

    I like juice. I like a juice
    English is fun. The English is fun

Zero article digunakan di depan kata benda khusus/diri (proper noun). Misalnya:

    My name is Tom. My name is a Tom.
    I Live in Indonesia. I Live in a Indonesia.

udah paham kan apa perbedaannya. trus tingkatkan bahasa inggrismu ya guys supaya nntinya gak nyesel. nnti gw bakal upload lg materi bahasa inggris yang menurut gw bikin bingung. bye :*

0 comments:

Post a Comment

 
Berbagi Ilmu dan Informasi © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum